Subscribe to our RSS Feeds
Hello, this is a sample text to show how you can display a short information about you and or your blog. You can use this space to display text or image introduction or to display 468 x 60 ads and to maximize your earnings.

BlackBerry Messenger sebagai Platform Jejaring Sosial

0 Comments »
Smart Phone
Apakah Anda salah satu pengguna smartphone Blackberry? Baik dari keluarga BlackBerry Bold, BlackBerry Curve maupun tipe BlackBerry lainnya. Apakah Anda termasuk salah satu di antara jutaan orang di luar sana yang aktif menggunakan Blackberry Messenger?

BlackBerry Messenger (BBM) yang merupakan salah satu fitur unggulan dari smart phone BlackBerry, untuk saat ini hanya dapat digunakan sebagai instant messenger di antara pengguna BlackBerry saja. Namun, di masa depan, layanan BlackBerry Messenger tidak lagi eksklusif setelah Research In Motion (RIM) memutuskan untuk menjadikannya sebagai platform jejaring sosial. Ini berarti bahwa para pengembang sekarang dapat menggunakan Blackberry Messenger di dalam aplikasi mereka.

RIM mengumumkan ini pada Konferensi Pengembang Blackberry 10 (DevCon10) di Marriot Marquis, San Francisco pada tanggal 27 September 2010. "Para pengembang bisa mengambil kegiatan sosial di BlackBerry Messenger dan memasukkannya ke dalam aplikasi nya yang dijual di Dunia Applikasi," kata Mike Lazaridis, Chairman dan Co-CEO RIM.

Lazaridis menekankan bahwa BlackBerry Messenger akan lebih diarahkan ke platform layanan jejaring sosial. Misalnya terintegrasi dalam aplikasi game sehingga pengguna BlackBerry dapat mengundang pengguna lain untuk bermain bersama dengan satu klik pada aplikasi tanpa harus masuk ke layanan BlackBerry Messenger.

Untuk pengembang aplikasi akan diberikan antar muka pemrograman aplikasi (API) dalam rangka mengambil keuntungan dari akses terhadap BlackBerry Messenger. Namun, belum ada pengumuman resmi pada BlackBerry Sosial SDK apakah akan tersedia untuk pengembang.

Lebih lanjut menurut Mike Lazaridis, saat ini terdapat 28 juta pengguna aktif BlackBerry Messenger di seluruh dunia dan jumlah ini akan terus bertambah sekitar 1,5 juta pengguna baru setiap bulan. Dengan menyediakan akses BlackBerry Messenger ke dalam aplikasi dan terus dikeluarkannya handphone terbaru terutama dengan 3G Phone-nya, RIM telah menciptakan jejaring sosial mobile yang sangat besar.

Spesifikasi BlackBerry
Jadi, apa artinya bagi pengguna Blackberry Messenger? Beberapa contoh adalah aplikasi e-book reader yang bernama Kobo, yang memungkinkan pengguna untuk membahas buku yang mereka baca melalui Blackberry Messenger.

Pengguna dapat mengambil kutipan dari e-book yang mereka baca dan mengirimkannya melalui Blackberry Messenger tanpa meninggalkan applikasi. Kemampuan ini memungkinkan pengguna untuk memperbarui status Blackberry Messenger dari applikasi, apapun tipe smart phone dan spesifikasi BlackBerry yang mereka gunakan.

Tentu saja masih banyak keuntungan lain untuk pengguna BlackBerry Messenger. Beberapa mitra RIM mempunyai akses untuk kemampuan ini dan Platform Sosial BlackBerry Messenger akan tersedia pada 2011.
19.12

0 Responses to "BlackBerry Messenger sebagai Platform Jejaring Sosial"

Poskan Komentar