Subscribe to our RSS Feeds
Hello, this is a sample text to show how you can display a short information about you and or your blog. You can use this space to display text or image introduction or to display 468 x 60 ads and to maximize your earnings.

Smartphone BlackBerry Makin Merajalela

0 Comments »


Sejak peluncuran perangkat genggam pertama di tahun 2001, reputasi Research in Motion (RIM) sebagai produsen gadget yang inovatif terus meningkat. Hingga saat ini, BlackBerry, gadget pintar keluaran Research in Motion semakin banyak dipakai oleh para penggemar gadget. Tetapi di sisi lain tidak sedikit pesaing-pesaing lain yang merasa hak ciptanya dilanggar dan mengadukannya ke pengadilan. Dengan berjalannya waktu, perlahan tapi pasti lingkup pasaran RIM di bidang ponsel pintar dengan BlackBerry-nya pun menjadi semakin luas. Menurut data yang dikumpulkan oleh Canalys.com, posisi RIM sebagai produsen ponsel pintar, saat ini berada di peringkat ketiga di belakang Nokia dan Apple.

BlackBerry pertama hadir di Indonesia pada tahun 2004, dan pada saat itu RIM mulai bekerja sama dengan salah satu operator seluler Indonesia, Indosat. Sejak awal mulai bekerja sama sampai sekarang ini sudah ada enam sampai tujuh model BlackBerry yang di paket dengan program Indosat beredar di Indonesia. Dari tahun ke tahun pengguna BlackBerry Indonesia yang berlanggan pada paket dari Indosat semakin banyak terutama setelah diumumkannya paket prabayar. Dan menurut Director of Marketing Indosat, hingga kini sudah lebih dari 40 ribu pengguna BlackBerry yang berlangganan paket dari Indosat.




Setelah bekerja sama dengan Indosat, RIM mulai melirik operator seluler Indonesia lainnya dan pada tahun 2006 RIM mulai bekerja sama dengan PT Excelcomindo Pratama Tbk atau lebih dikenal dengan nama XL. Pertumbuhan pelanggan BlackBerry XL sangat pesat, pada awal tahun 2010 jumlah rata pelanggan BlackBerry XL tercatat sebanyak 19 ribu, yang berarti pelanggan BlackBerry XL tumbuh sekitar lebih dari 300% sejak 2006. Ada banyak paket BlackBerry yang ditawarkan oleh XL, salah satunya adalah layanan voice dan data. Sampai saat ini sudah ada tujuh paket program BlackBerry, meliputi seri 8707, seri Pearl 8100 dan 8120, seri Curve 8310 dan 8900, dan Bold 9000 dan 9700.

Melalui angka-angka yang dipaparkan dari pemakai BlackBerry yang berlanggan pada kedua operator seluler tersebut, dapat kita ketahui bahwa peminat BlackBerry di Indonesia sangat banyak. Tingginya minat pengguna akan produk BlackBerry juga terlihat di tingkat retail. Banyak toko-toko ponsel di Jakarta,menuturkan bahwa dalam 1 hari rata-rata bisa menjual sekitar 3-5 unit BlackBerry. Tipe-tipe yang banyak diminati adalah Bold dan Curve. Awal kemunculan BlackBerry Bold 9000, Bold merupakan tipe BlackBerry yang paling banyak diminati oleh pembeli, namun mengalami penurunan setelah diluncurkannya Bold 2. Sedangkan untuk tipe Curve, BlackBerry 8900 dan 9250 adalah yang terlaris.
00.01

0 Responses to "Smartphone BlackBerry Makin Merajalela"

Poskan Komentar